Lullaby : Femind Challenge

My Picture

I'm short girl who has short hair and glasses. I'm fourteen going on fifteen years old. I live at small city in Indonesia. I love reading, eating, and ice cream. Leave a greeting in my chat box. Simple, unique, and weird.

More about me»





Yuuhhhuuuu..... lama gak mengunjungi blog tercinta ini yang bikin aku kangen milkysmile #abaikan

Berhubung malam ini baru buka Facebook dan nemuin hal yang bikin aku menarik kali ini!! Dan FemInd Blog (Female Indonesian Blog) sedang ngadain challenge tentang kebudayaan di daerah kami masing-masing. Kalo memang ini bertujuan positif kenapa enggak untuk ikut berpartisipasi? Itung-itung buat mempromosikan kota kecil tercinta ini milkysmile .

Udah kebanyakan lips service nihh... Langsung aja dehh...!! C E K I D O T!!

Oke, Nama kotaku adalah Madiun dari Jawa Timur yang berada di bawah langit dan diatas bumi #plaakk 

Pasti taukan  di Madiun ini terkenal dengan makanan Brem dan Pecel. Madiun itu kota kecil sih. Tapi, suasananya cocok untuk orang yang frustasi tinggal di kota besar yang sering kejebak macet milkysmile . Walaupun cuacanya gak sejuk kayak dibandung dan gak banyak mall gede.

Lagu daerah kota Madiun? milkysmile #eng..ing...eng..

Setauku sih dongkrek, kalau gak salah. Liriknya ya cuman "Dongkrek..." udah gitu doang. Dongkrek ini dinyanyikan sambil memainkan alat musik khusus yang diputar. Biasanya banyak dinyanyikan pada festival-festival kota.


Mitos Madiun? Banyak banget lhoo.. 


Menurut pengamatanku kotaku ini masih menganut adat istiadat yang masih kental sekali. Masih banyak pitutur dari orang tua yang terus berlaku. Aku akan pilih salah satu aja dehh...
Ternyata Madiun itu tergabung dari 2 kata yaitu "medi" berasal dari kata hantu dan ayun-ayun (berayun). Nyeremin artinya... Eh, langsung ke TKP aja dehh
Mitos di kotaku ini adalah tentang Retno Dumilah. Retno Dumilah adalah wanita yang berani menentang Kerajaan Mataram dan wanita yang berani memimpin perang. Dulu Madiun itu dipimpin oleh Retno Dumilah sendiri. Dan kerajaan Mataram tidak pernah bisa menaklukan si Retno Dumilah. Madiun akhirnya dapat ditaklukkan ketika Retno Dumilah dipersunting dan dibawa ke Jogja. Maka dari itu Madiun lebih memiliki nuansa Mataram dari pada Surabaya. Yah... hanya sekedar itulah informasi yang aku tahu.

Makanan khas kota Madiun...


Udah banyak orang tau bahwa Madiun itu terkenal dengan Pecel dan Brem. Pecel Madiun itu gak ada duanya lhoo... Pernah aku ngerasain masakan Pecel di kota lain. Tapi, gak se-jos di Kota Madiun. Kalo Brem itu makanan dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan.

Gambar Pakaian adat daerahku..

Biasanya jika ada perayaan atau acara resepsi pernikahan. Masyarakat Madiun akan mengenakan kebaya biasa bagi yang perempuan dan jawa timuran bagi yang laki-laki. Kalau ada pernikahan, pengantin wanita akan memakai kemben gitu..


Hampir seperti gambar diatas lahh..

Tradisi turun temurun...

Apa yaaa?? Tiap hari Suro pasti ada bersih desa. Tiap kecamatan dikotaku bakal ngadain pagelaran wayang atau ketoprak secara bergantian. Gak tau apa maksudnya...

Well, itu lah jawaban terbaik yang bisa kuberikan untuk challenge ini. Jadi, aku berharap yang terbaik ajaa....milkysmile
0 komentar:

Don't get close to me, but do not go far away.

FemInd Bloggers

Chat With Me

Search This Blog

Loading...

Follow Me