Lullaby : (REVIEW) RONGGENG DUKUH PARUK

My Picture

I'm short girl who has short hair and glasses. I'm fourteen going on fifteen years old. I live at small city in Indonesia. I love reading, eating, and ice cream. Leave a greeting in my chat box. Simple, unique, and weird.

More about me»



Judul Buku : Ronggeng Dukuh Paruk
Pengarang : Ahmad Tohari
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka
ISBN : 978-979-22-0196-3

Srintil harus menjalani dua ritual aneh untuk menjadi seorang Ronggeng. Menjalani ritual ini bukan perkara mudah karena ritual ini sangat aneh apalagi umurnya yang dibawah 17 tahun. Pertama ia harus menari selayaknya Ronggeng di makam leluhur Dukuh Paruk, mengerikan bukan? Dan yang kedua ini agak mengkhawatirkan, yaitu ritual bukak klambu. Yaitu dimana si Ronggeng ini harus menyerahkan keperawanannya kepada orang yang mampu memenuhi syarat yang telah ditentukan. Karena terjadi keributan dirumah Srintil dimalam ritual bukak klambu, Srintil sempat keluar sejenak dari rumah. Tak menyangka ternyata diluar sana ada Rasus yang sedang mengawasinya. Rasus adalah anak laki-laki yang umurnya berjarak 3 tahun lebih tua dari Srintil, yang merupakan kawan dekat Srintil. Akhirnya, Srintil pun mengambil keputusan agar menyerahkan keperawanannya kepada Rasus. Dan kejadian itu hanya mereka berdua yang tahu, tak seorang pun. 

Rasus yang menemukan diri seorang emaknya yang sudah meninggal karena insiden tempe bongkrek dalam diri Srintil. Tapi, hal itu tak berlangsung lama karena Srintil telah menjadi Ronggeng milik Dukuh Paruk, bukan Srintil miliknya seorang. Rasus pun merantau keluar Dukuh Paruk meninggalkan neneknya seorang di Dukuh Paruk. Nasib baik pun berpihak pada Rasus. Ia telah menjadi seorang tentara. Ia sungguh bangga karena ia adalah orang pertama yang menjadi tentara di Dukuh Paruk. Tapi, ia harus melepaskan Dukuh Paruk karena tugas-tugasnya. Ia akan meninggalakan Dukuh Paruk untuk semetara waktu. Ia akan meninggalkan Srintil.

Kehidupan Srintil pun berantakan. Rasus yang ia cintai pun pergi meninggalkannya. Insiden pemberantasan komunis masa revolusi juga menghancurkan hidupnya bersama Dukuh Paruk. Srintil ditahan dan Desa Dukuh Paruk pun dibakar. Setelah mendekam di jeruji sel selama dua tahun telah mengubah hidup Srintil. Jiwa Ronggeng dalam dirinya pun hilang. Srintil ingin menjalani kehidupan normal, bukan kehidupan seorang Ronggeng. Hal ini terjadi hinggal ia bertemu Bajus. Seorang pemuda dari Kota Besar yang memandang dirinya bukan seorang Ronggeng atau pun tahanan tetapi seorang wanita yang ingin menjadi ibu rumah tangga, seperti keinginan Srintil. Sepercik harapan dari hati Srintil pun muncul. Keinginannya untuk menjadi ibu rumah tangga dan wanita normal  yang tak akan melayani laki-laki mana pun layaknya Ronggeng akan terwujud. Tetapi, Srintil ternyata kembali terempas lebih buruk lagi. Kejadian ini membuat Srintil terkena tekanan batin yang lebih parah. Bahkan tanpa harkat secuil pun...

Cerita ini menceritakan Kehidupan Desa Dukuh Paruk yang terpencil hingga seolah-olah Desa ini membuat kehidupan sendiri. Teknologi dan pendidikan terbelakang membuat masyarakat tidak mengetahui apa-apa selain cara bertahan hidup. Desa ini pun masih menganut kehidupan sakral yang tinggi. Novel ini diceritakan dengan lihai, bahasanya pun menghanyutkan para pembaca hingga sanggup mendobrak imajinasi kita. Cerita yang selalu membuat kita menjadi penasaran untuk pingin lanjut membaca cerita selanjutnya. Cerita ini pun susah ditebak pada ending cerita. Sempet bingung sih dengan bahasa yang digunakan untuk menjelaskan plotnya sama si pengarang. Tapi, tetep bisa mengikuti alurnya ketika membaca cerita lebih lanjut. Dan saya kasih 4 bintang dari 5 bintang yang tersedia untuk novel Ronggeng Dukuh Paruk ini. Kenapa saya memberikan 4 bintang? Karena untuk cerita, tokoh, karakter, dll sudah superb sekali. Tapi, yang disayangkan saya mudah mengantuk ketika membaca nove ini. And, that's my review for this novel. Tapi, saya tetap mengembalikan pendapat ke kalian semua. Karena setiap orang mempunyai pendapat yang beragam.

note: Review ini memenuhi syarat untuk mengikuti lomba review buku dari blog okeeyzz karena terdapat "huruf P" pada judul novel tsb.
1 komentar:

Makasih oca uda ikutan Kontesnya!

Eh, iya, aku jadi penasaran dan pengen baca RDP ini..

Don't get close to me, but do not go far away.

FemInd Bloggers

Chat With Me

Search This Blog

Loading...

Follow Me