Lullaby : April 2012

My Picture

I'm short girl who has short hair and glasses. I'm fourteen going on fifteen years old. I live at small city in Indonesia. I love reading, eating, and ice cream. Leave a greeting in my chat box. Simple, unique, and weird.

More about me»


Akhirnya bisa muncul juga di blog!! #jingkrak-jingkrak
Setelah bersabar karena tiba-tiba modem berkecepatan seperti siput yang lagi puasa gak punya tenaga dan kebingunganku mau nulis apa. Dan setelah dipikir-pikir lebih baik aku curhat saja mengenai kegiatanku selama liburan ini. Dan telah ditetapkan tanggal 23 – 26 April adalah liburan paling payah dalam agenda kegiatanku!! #lebay


Gimana gak payah? Selama 4 hari ini aku mendekam di dalam rumah dan gak punya kegiatan lain selain browsing, baca novel, ngemil, nonton tv/film, tidur, dan LES. Aku gak tau kenapa kegiatan terakhir itu masih sanggup kulaksanakan mengingat 4 hari itu adalah hari libur? Eh, bukan hari libur ding. Katanya guruku bukan hari libur karena bukan tanggal merah #hening. Kalau diamati betul juga kata guruku, mana ada hari libur untuk murid, para guru malah berlomba-lomba memberikan tugas terbanyak untuk murid tersayang mereka? Nyebelin banget kan.. -.-‘

Dan dengan berat hati, mau gak mau, kita kudu nyelesain tugas payah itu. Huft.. Dengan sistem kebut sehari aku pun mengerjakan tugas-tugas yang terlihat mengerikan itu dimeja belajarku. Sempet berimajinasi kayak di film yang aku lihat. Terlihat seolah para tugas memanggil-manggilku dengan suara horor berharap aku segera menyelesaikannya. Dan ada bayangan wajah seram berlumuran tinta hitam di tugas-tugas itu, sebenernya mau aku bayangin berlumuran darah tapi gak masuk akal banget jadinya. Tugas-tugasku seolah-olah mendekatiku yang sedang berimajinasi gila ini dengan perlahan-lahan. Aku yang seharusnya berteriak ketakutan malah mengambil gunting dan ingin membagi tugasku menjadi bagian kecil-kecil dan membuangnya kesampah, atau lebih efektif dibakar sekalian? Eh, enggak. Mendingan dijadiin bungkus tempe aja kan lebih berguna #plaakk. Oke, abaikan imajinasi konyolku tadi..

Gak tau kenapa pagi ini aku tidak berniat bangun. Tapi, entah ada angin apa ibuku tiba-tiba membangunkanku dengan omelan gak jelasnya tentang penjual gethuk yang lagi libur berjualan. Aku bangun tapi tetap dalam posisi tidur. Rasanya kepala berat banget dan tubuhku susah diajak kompromi. Mengingat aku kemarinnya tidur jam setengah 3 pagi dengan posisi tidur yang salah. Aku merutuki penjual gethuk itu karena tidak berjualan dan membuat ibuku mengomel disampingku membuatku bangun. Dan selama 4 jam setelah bangun aku pun tetap tidak bisa berpisah dengan kasur yang aku tempati ini. Aku tetap berbaring dikasur sambil membaca novel yang gak tau sejak berapa lama ada di tempat tidurku. Novel ini, aku sudah membacanya dua kali ini. 

Sebenernya suasana hatiku sedang buruk banget waktu itu. Gimana gak? Liburan 4 hariku terbuang sia-sia dengan mendekam dirumah 4 hari penuh! Siang harinya ayahku pulang kerumah. Gak tau kena angin apa tiba-tiba aja melihatku langsung tertawa dan mengajakku beli snack yang aku inginkan di minimarket terdekat. Mungkin kali ya, waktu ngeliat aku thu wajahku kusut kumut-kumut kayak baju yang udah kelipet-lipet, rambut acak-acakan, pake kaos oblong kumel yang lungset sama trainingku yang udah kependekan, ayahku jadi kasihan anaknya kayak orang depresi gini. Kebetulan aku yang belum sarapan gak rela menyiak-nyiakan kesempetan emas ini #lagibokek. Jadi dalam keadaan badan dari atas sampe bawah masih amburadul dan yang PALING memalukan aku belum mandi #aib. Berangkatlah aku dibonceng ayahku ke minimarket dengan keadaaan seperti itu. Udah bener-bener kayak anak hilang, jadi malu sendiri diliat orang-orang yang udah necis dan klimis. Masa bodo sama itu, aku jadi kalap ngambilin snack yang aku liat #ajimumpung.

Dan sekarang aku meratapi tugas Bahasa Indonesiaku yang telah menjadi alas gorengan dirumah. Sebenernya gak masalah sih, tugas yang kuprint itu baru kerjaan kasarnya aja. Masih percobaan. Tapi, sempet speechless waktu ditawarin gorengan sama ibuku dan ngelihat alasnya dipiring. Hanya bisa menghela nafas dengan berat hati. Tugas Bahasa Indonesiaku kali ini adalah membuat protokol acara perpisahaan kakak kelas 9 dan peran kita disini adalah sebagai MC. 

Waktu minggu lalu, guruku menyuruh kami membuat protokol yang lebih indah dengan kata-kata mutiara atau peribahasa yang penting kata-katanya bagus dan enak didengar. Setelah melihat hasil kerja kami yang isi protokol kami thu kaku banget. Dasar emang anak kelasku gak pinter basa basi dan bukan anak-anak tipe sastra membuat pembukaan saja sudah mengahabiskan 1 jam pelajaran. Parah banget. Jadinya guruku menugaskan kami untuk melanjutkannya dirumah. Yah, namanya bukan anak kelasku kalau mengerjakan tugas itu sampai tuntas. Seolah ada ikatan batin diantara kami, mayoritas anak-anak belum mengerjakan tugas itu, termasuk aku. Apes banget kita, ternyata saat itulah penilaian. Dan lebih apes lagi buat nomor absen atas. Untung aja nomor absenku ada ditengah-tengah jadinya dengan penuh kecepatan tangan yang menurutku express banget aku ngerjain protokolku yang hanya baru sampe salam pembukaan saja #parah. Yang artinya tugasku masih suci alias kosong blong. Untung aku bisa nyelesain setidaknya sampe ditengah-tengahlah. Congratz buat tanganku!!

Oh ya! Tadi sore aku juga nyempetin diri main ke kandang ayam belakang rumah. Gak tau kenapa kangen pingin liat anak ayam. Dan dengan polosnya aku sempet dibodohi sama ayamku sendiri!! Ah.. bagian ini gak usah diceritaiin malah malu-maluin aja..

Aneh juga sebenernya ngeblog diteras rumah dan ditungguin sama cicak kecil. Gak tau kenapa nih cicak dari tadi ada di deketku. Kalo aku nengokin kepala langsung kabur deh tu cicak dan lima detik kemudian balik lagi. Sempet aku mainin dengan nengokin kepalaku tiba-tiba sesering mungkin, tapi yang ada malah leherku pegel sendiri.





Gak tau kenapa makin hari kehidupan disekolah makin kayak sinetron. Punya musuh yang populer, kakak kelas bawel, adik kelas yang suka ngajak ribut, dan pengganggu rahasia yang gak bener kelakuannya. See? Lengkap sudah kehidupan sinetron disekolahku. Atau ini cuman perasaanku saja? Ah.. Bodo Amatlahh..

Yaahh.. seperti disinetron kayak biasanya. Ada yang tertindas ada yang menindas. Dan sumpahh.. Ini real banget didepan mataku! Hanya karena karakter yang berbeda pun udah memancing tindakan ini. Gak bisa bayangin kalo ada di posisi sebagai yang tertindas!

Seperti kata si Tata (temen sebangku). Dia gak bakal mau masuk sekolah kalo sampe ditindas disekolah. Apalagi dikucilkan dengan sindiran pedas yang benar-benar ngejatuhin mental secara psikologis. 

So, aku jadi salut banget sama anak yang mengalami hal itu dan masih semangat masuk sekolah. Apalagi materi pelajaran masih sempet masuk ke otak ditengah-tengah sikon kayak gitu. 

Well, jujur aja. Aku pernah ngerasain yang namanya dikucilkan kayak gitu. Masih mending bagi yang masih punya 1 atau 2 temen. Sedangkan aku? Bener-bener SENDIRI. Udah lupa setengah ceritanya gimana, tapi yang aku inget hanya temen akrabku sendiri yang menyebar gosip gak bener ke anak-anak sekelas. Dan dengan entengnya temen-temen sekelas menelan bulat-bulat kabar itu hanya karena mereka takut sama teman akrabku itu. Huft.. udah gitu masih saja dapet bonus ejekan paling menusuk hati dan sindiran pedas cabe rawit. 

Banyak yang bilang kalo punya masalah jangan dipendam gitu aja di dalam hati, gak baik untuk  kesehatan. Yup! Aku rasa itu memang bener. Berbagi bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Tinggal ungkap saja apa yang kamu rasakan, dan tadaaaa!! selesai. Aku yakin pasti kamu akan merasa lega jika sudah berbgai seperti itu. Beda denganku dulu. Aku gak punya siapa-siapa untuk berbagi. Aku gak kenal blog, Facebook, Twitter, dll. Apalagi ngomong ke orang tua, gak mungkinlah. Yang ada malah aku yang dimarahin lagi. 

So, masalah sindirian, pengucilan, bully, dll kayak gitu sebaiknya dihindari. Apalagi karena masalah sepele saja. Kenapa kita gak ngomong langsung secara blak-blakkan kepada orang kalo kita GAK SUKA dengan apa yang mereka lakukan? Bukannya kalo kita sindir, mengucilkan, dll akan lebih menyakiti hati mereka? Sekaligus bisa membuat mereka sadar dan segera MENGINTROPEKSI diri sendiri. 

Itulah pendapatku. Mohon maaf bila ada kata yang menyinggung perasaan kalian. Bukannya bermaksud jelek, tapi hanya ingin mengungkapkan pendapatku saja karena ini negara yang bebas berpendapat. 

Masalah punya kakak kelas bawel, pastinya kalian juga punya kan. Tapi, itu tidak terlalu aku masalahkan. Karena bukan hal yang terlalu muluk. Punya kakak kelas bawel itu malah menambah kehidupan sekolah menjadi lebih seru. Dan kita akan menanti apa lagi yang akan dilakukan si kakak kelas bawel kepada kita. Menurutku itu mempunya kesan tersendiri lagi.

Punya adek kelas yang suka ngajak ribut? Masalah gampang bagi kita sebagai kakak kelas yang mempunyai tingkatan lebih tinggi. Senyebelinnya mereka, kharisma dan aura kita sebagai kakak kelas tetap berfungsi. Pasti mereka tetap menghormati kita sebagai kakak kelas walaupun hanya seujun kuku jari kaki. 

Kelihatannya kehidupan sekolah seperti sinetron kayak gini bikin hidup terasa unik. Dan dengan mantap aku sudah berulang kali mengucapkan beberapa kata dalam hati sebelumnya "I Have a Wonderfull Live" dengan segala apa yang terjadi disekitarku.
Ehem... cek...!! Dicoba, test 1.. 2.. 3..
Nah, akhirnya muncul juga diblog setelah sekian lama tidur dari dunia blogging. So,  bingung deh mau posting apaan. Sebenernya thu lagi dapet tugas Bahasa Indonesia tentang membawakan acara perpisahan. Niatnya mau ngerjain dan nyari di Internet. Eh, ujung-ujungnya buka blog sama twitter...
Harap maklumlah, imannya masih belum kuat. Jadi pertama-tama saya bingung mau nulis apa disini, kedua maaf kalo dari tadi masih geje, dan terakhir saya tetap bingung mau nulis apaan. Oke, cukup buat adegan
ngaco..


Gini nih ya.. Masa SMP seperti aku, masa-masa remaja yang lagi nyari jati diri. Dimana kisahnya thu banyak keseruan, kesedihan, kesusahan, kemeleratan, kebodohan, kesenangan yang dilalu bersama-sama dengan para teman mereka. Dan tentunya gak luput dari masalah percintaan. Masih cinta-cinta monyet gituu..

Karena kita-kita semua masih labil dan belum sepenuhnya dewasa maka wajar saja kalau kita bandelnya minta ampun. Banyak masalah sepele yang kita gembor-gemborkan, kita juga sering masih egois. Tapi, dengan begitu banyak peristiwa-peristiwa seperti itu, kita akan banyak sekali mendapat pengalaman dan suatu ilmu atau amanat yang kita petik dari peristiwa itu. Hal itu yang membuat kita makin dewasa lagi dan tau mana yang baik untuk kita lakukan.

Masalah impian kita, mungkin kita gak bisa berdiri pada satu tumpuan saja. Masa remaja biasanya selalu berganti-ganti impian dari yang satu ke yang lainnya. Namun, dengan begitu banyak impian dan pengalaman mereka akan tahu ingin jadi apa kelak.

Oh, ya. Ngomongin masalah impian itu sering membuat kita bingung. Mau jadi apa nanti kita kelak? Jujur saja. Dari dulu aku masih bingung apa sih cita-citaku sebenarnya? Lihat dokter pingin jadi dokter, baca novel pingin jadi pengarang, dengerin musik pingin jadi penyanyi, lihat film tentang fashion pingin jadi desainer. Tapi, ketika aku lihat lebih jelas, semua kemampuanku tidak ada yang cocok dengan semua yang aku sebutin itu. Lalu apa yang cocok? Bisakah kalian beri aku pendapat?

Back to the topic. Satu hal yang tak luput dari masa remaja yaitu sahabat. Sahabat dan teman. Hal itu juga mengisi hari-hari indah kita semasa remaja, Kita sering melakukan hal apapun bersama-sama. Kadang pun sering ngacir ke mall bareng-bareng. Beli baju bareng-bareng, pakai baju kembaran, punya barang kembaran. Yahh.. itulah masa remaja. Masa yang menyenangkan. Masa yang perlu dinikmati. Masa penuh kisah.




Yuuhhhuuuu..... lama gak mengunjungi blog tercinta ini yang bikin aku kangen milkysmile #abaikan

Berhubung malam ini baru buka Facebook dan nemuin hal yang bikin aku menarik kali ini!! Dan FemInd Blog (Female Indonesian Blog) sedang ngadain challenge tentang kebudayaan di daerah kami masing-masing. Kalo memang ini bertujuan positif kenapa enggak untuk ikut berpartisipasi? Itung-itung buat mempromosikan kota kecil tercinta ini milkysmile .

Udah kebanyakan lips service nihh... Langsung aja dehh...!! C E K I D O T!!

Oke, Nama kotaku adalah Madiun dari Jawa Timur yang berada di bawah langit dan diatas bumi #plaakk 

Pasti taukan  di Madiun ini terkenal dengan makanan Brem dan Pecel. Madiun itu kota kecil sih. Tapi, suasananya cocok untuk orang yang frustasi tinggal di kota besar yang sering kejebak macet milkysmile . Walaupun cuacanya gak sejuk kayak dibandung dan gak banyak mall gede.

Lagu daerah kota Madiun? milkysmile #eng..ing...eng..

Setauku sih dongkrek, kalau gak salah. Liriknya ya cuman "Dongkrek..." udah gitu doang. Dongkrek ini dinyanyikan sambil memainkan alat musik khusus yang diputar. Biasanya banyak dinyanyikan pada festival-festival kota.


Mitos Madiun? Banyak banget lhoo.. 


Menurut pengamatanku kotaku ini masih menganut adat istiadat yang masih kental sekali. Masih banyak pitutur dari orang tua yang terus berlaku. Aku akan pilih salah satu aja dehh...
Ternyata Madiun itu tergabung dari 2 kata yaitu "medi" berasal dari kata hantu dan ayun-ayun (berayun). Nyeremin artinya... Eh, langsung ke TKP aja dehh
Mitos di kotaku ini adalah tentang Retno Dumilah. Retno Dumilah adalah wanita yang berani menentang Kerajaan Mataram dan wanita yang berani memimpin perang. Dulu Madiun itu dipimpin oleh Retno Dumilah sendiri. Dan kerajaan Mataram tidak pernah bisa menaklukan si Retno Dumilah. Madiun akhirnya dapat ditaklukkan ketika Retno Dumilah dipersunting dan dibawa ke Jogja. Maka dari itu Madiun lebih memiliki nuansa Mataram dari pada Surabaya. Yah... hanya sekedar itulah informasi yang aku tahu.

Makanan khas kota Madiun...


Udah banyak orang tau bahwa Madiun itu terkenal dengan Pecel dan Brem. Pecel Madiun itu gak ada duanya lhoo... Pernah aku ngerasain masakan Pecel di kota lain. Tapi, gak se-jos di Kota Madiun. Kalo Brem itu makanan dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan.

Gambar Pakaian adat daerahku..

Biasanya jika ada perayaan atau acara resepsi pernikahan. Masyarakat Madiun akan mengenakan kebaya biasa bagi yang perempuan dan jawa timuran bagi yang laki-laki. Kalau ada pernikahan, pengantin wanita akan memakai kemben gitu..


Hampir seperti gambar diatas lahh..

Tradisi turun temurun...

Apa yaaa?? Tiap hari Suro pasti ada bersih desa. Tiap kecamatan dikotaku bakal ngadain pagelaran wayang atau ketoprak secara bergantian. Gak tau apa maksudnya...

Well, itu lah jawaban terbaik yang bisa kuberikan untuk challenge ini. Jadi, aku berharap yang terbaik ajaa....milkysmile

Don't get close to me, but do not go far away.

FemInd Bloggers

Chat With Me

Search This Blog

Follow Me